karena cantik itu sakit *dan mahal*

Standard

in my childhood, i always assume that everybody is beautiful.

gue ngerasa semua orang itu bakalan jadi kupukupu yang cantik, walau dulu nya jelek mampus, at least kalaupun ga cantik dia bakal dapet pacar superganteng karena kebaikannya.

faktanya, gue dibohongin sama fairy tales, serial cantik nd filemfilem menyesatkan.

semakin nambah umur gue, semakin nambah ilmu gue, semakin gue tahu gimana jahat nya dunia.

ternyata omongan orang tua nd guru SD gue yang bilang , inner beauty lebih penting dari outlook udah expired sekarang.

jadi cantik itu ternyata banyak banget anugrahnya

kecantikan membuat orang akan memaafkan ketika si cantik menabrak mobilnya dari belakang.

kecantikan membuat orang akan membantu ketika si cantik terlihat kepayahan membawa sesuatu.

kecantikan membuat orang akan membelikan apapun yang si cantik inginkan.

kecantikan membuat orang memberikan tempat saat si cantik berdiri dalam kendaraan umum

kecantikan membuat orang sukarela mengantar saat si cantik tidak membawa kendaraan.

dan pada akhirnya kecantikan akan membawa banyak keuntungan bagi si cantik.

semua orang terutama kaum hawa pasti berkeinginan menjadi cantik.

women ideally are beautiful but we do not live in ideal world

that means, not all women terlahir cantik.

bersyukurlah kalau lo dilahirkan dengan kecantikan yang minimal diatas standar yang diberikan orang-orang sekitar lo.

i mean it.

in the fact, banyak orang yang tidak dilahirkan dengan kecantikan yang digambarkan oleh faity tales.

standar kecantikan our environment is skinny, long hair, white skin nd have a perfect face.

kasian banget ya orang-orang yang dilahirkan keriting atau has a black skin, automatically mereka akan jauh dari kata cantik.

gue sendiri ngerasa kok kalau gue jauh dari kata cantik

i am not typically white, skinny, long hair girls.

nah sekarang ini saat nya kita buktiin kalau kita bukan tipe ‘kecantikan berbanding terbalik dengan kepintaran’ women.

which means , gue harus bisa shining pake cara gue sendiri.

nd gue prefer jadi menarik nd unik.

it was not easy to make over yourself then.

kalau banyak orang yang bilang gampang buat jadi cantik , lo salah besar.

the fact is beauty is pain beybeh.

ga percaya?

oke mari kita analisa.

*syarat pertama jadi cantik menurut banyak orang is skinny.

selamat buat lo yang terlahir dengan usus yang ga bisa nyerap lemak. that means lo only do nothing to get skinny.

sayang nya banyak orang, termasuk gue, lahir dengan perawakan nd tulang besar.

mau nyalahin orang tua gue yang udah nurunin kegendutannya juga useless, ga bikin gue skinnier.

mau sedot lemak juga impossible, kecuali gue mau dipenjara abis itu.

mau olah raga juga gue ga telaten nd ga suka keringatan

the last choice is diet.

ga makan malem, minum obat pelangsing, teh bikin boker nd obat2 yang menyakitkan lain.

intinya diet means torture

rite, buat jadi skinny aja kita harus tersiksa *sakit* karena olahraga, ga makan malam, ga nyemil, minum jamu yang bkin boker-boker, etc, atau kalau punya banyak duit , lo bisa sedot lemak yang of course bakal nyedot duit lo juga.

itu baru satu syarat jadi cantik loh 🙂

*second, long hair

oke mungkin ini ga sesusah becoming skinnier, tapi kalau lo pikir punya long hair itu gampang, mending lo makan kipas angin dulu deh. =.=

asal lo tau, punya rambut panjang itu luamaaa.

udah gitu, rambut panas tu bikin gerah pas siang hari.

oke mungkin sekarang disalon udah banyak hair extension, which is mahal, tetep aja itu nyakitin karena lo harus benerbener carefully pas keramas nd nyisir rambut biar ga ada yang rontok.

misalnya pun rambut lo udah panjang, naturally atau extension, perjuangan belom berakhir.

lo masih harus ngerawat long hair lo pake konsidioner kalau abis keramas, hair mask atau hair spa atau creambath kalau lo ga mau rambut lo kusut, lepek, rontok nd rusak.

see, mahal nd nyakitin.

*last, the most painful nd expensive, perfect face nd outlooks

ini yang paling berat, menguras mental, hati nd dompet.

as we know, make up is the best mask ever to make beautiful.

rata-rata cewe cantik pasti pake make up, disadari atau ga sama yang ngeliat.

foundation, pelembab, bedak mungkin masih masuk akal nd biasa aja

blush on (buat merahmerah dipipi) sama lispstik (buat merahmerah di bibir) mungkin hanya menguras dompet nd waktu saja.

tapi mata lo harus dibuka lebarlebar dengan resiko kecolok pensil alis, eyeliner cair nd eyeshadow buat ngebentuk jadi berkarakter.

itu semua makan waktu, biaya nd tenaga yang ga sedikit.

then,

buat jadi menarik, menurut gue ga harus cantik, tapi you have to be different.

cewe yang punya style nya sendiri bakal lebih menarik daripada cewek yang cantik dari lahir tapi copycat.

liat aja sekarang kebanyakan cewek sama nd seragam; dyed long hair, badan sekurus triplek, pake skinny jeans, contact lenses, pake behel, pake blekberi nd barangbarangnya Gucci, prada, luis vuitton etc.

gue prefer beli baju di awul-awul (sevondhand) seharga 5 ribu tapi bisa mix matchin baju daripada beli baju ratusan ribu tapi ga nyadar kalau atasan merah bungabunga tu ga cocok sama bawahan biru polkadot =.=

next mode is bracket.

jaman gue SD dulu , pake behel itu tandanya si bocah jelek karena gigi nya tonggos.

tapi sekarang , behel jadi style

semua pake behel biar keliatan gahol, biar keliatan keren.

gue pake behel, buat ngerapiin gigi gue yang berantakan nd kalau boleh milih gue prefer ga di behel.

asal lo tau aja , bracket is the most painful thing ever.

sakit

ngilu

ga bisa makan keras *enak* kayak keripik paru nd temantemannya

gusi berdarah

sariawan berjamaah

sakit gigi

nd 1001 penderitaan lainnya termasuk ga bisa ciuman dengan semestinya *sigh*

tapi , kayaknya dentist masih rame aja, that means yg pasang behel masi banyak aja.

oke whatever.

duh kayaknya omongan gue makin melebar kemanamana ,

intinya gue cuma pengen ngasih gambaran aja ke orang2 kalau secara ga langsung, mereka nd lingkungan kitalah yang menciptakan standar kecantikan, tanpa mereka tau bahwa proses menjadi cantik itu mahal nd menyakitkan.

contoh case nya

pasti kita semua pernah ngalamin ini, kuliah jam 7 pagi, tidur kemaleman bangun kesiangan nd ga sempat mandi biar ga telat *walau tetep aja telat* , sementara di seberang lo ada cewek yang datang dengan dandanan lengkap ala penyanyi dangdut mau konser. for sure , gue yakin lo pernah ngomongin setidaknya ngejekin tu cewek.

honestly, awalnya gue juga ngetawain, tapi makin kesini gue jadi salut sama cewekcewek seperti itu.

why, because sampe saat ini gue masih sangat curious , jam berapa coba mereka bangunnya.

padahal mereka harus mandi yang paling ga makan waktu setengah jam *guessing* or more maybe

belom milih baju, karena gue juga kadang rebet kalau milih baju.

belom buat dandan lengkap dari make foundation, bedak, eyeshadow, eyeliner, pensil alis, mascara, blush on nd lipstik yang ga mungkin bisa kurang dari setengah jam i guess.

see, paling ga berarti tarohlah 2 hour buat prepare ngampus

nd perjalanan anggep aja setengah jam.

berarti mereka paling ga bangun jam 4an buat bisa duduk manis dikelas jam 7.

wow

jam 4 mungkin gue masih ngimpi, ngorok nd ngiler dengan damai nya.

itu hanya salah satu bukti kalau buat jadi cantik itu kadang painful nd expensive.

kalau mau menyalahkan, ya salahkan saja paradigma nd standar banyak orang *termasuk kita* tentang definisi kata cantik.

🙂


2 responses »

Leave a Reply

