jakarta keras

Standard

setahun yang lalu, gue masih mahasiswa yang kebanyakan main nd nggak mau aware sama masalah orang lain.

nggak kerasa dalam setahun banyak banget yang udah terjadi. sekarang gue udah kerja dikota yang seumur-umur gue benci, Jakarta! bukannya apa, gue ga suka sama kehidupan Jakarta yang panas, macet nd serba mahal, tapi sayangnya dream job yang selama ini gue pengen cuma ada di kota yang keras ini  -.-.

well, ternyata ini udah hampir masuk bulan ketiga gue kerja di Jakarta, nd sesuai apa yang gue takutin Jakarta panasnya amit-amit, udah gitu macetnya bikin gue suka emosi jiwak sama angkot nd bajaj yang super pede.  

terakhir, Jakarta mahal gilak! uang kos gue disini aja dua kali lipat daripada uang kos gue di salatiga dengan fasilitas yang sama persis -,-

nah,  selain 3 hal itu, gue juga nemuin banyak fakta yang bikin gue semakin yakin kalau Jakarta memang keras!

pertama, nyawa disini sama sekali nggak ada harga nya, banyak banget pembunuhan yang kejadian cuma karena hal-hal sepele yang nggak masuk akal, yang paling parah adalah kisahnya si Livia, anak Binus yang dibunuh sama supir angkot, (http://www.detiknews.com/read/2011/08/26/232452/1712243/10/livia-jadi-korban-kejahatan-di-angkutan-umum),  secara rumah kos Livia cuma beda beberapa rumah aja sama tempat kos gue, dan gue juga naik angkot kemana-mana. jujur gue jadi parno setiap naik angkot, apalagi kalau nggak ada penumpang cewek didalam angkot yang gue naikin.

kedua, violence by FPI! yup, kalau selama ini gue cuma baca berita di koran atau nggak nonton di tivi, kali ini gue lihat langsung FPI lagi ngerazia warung-warung pas bulan puasa kemarin.  selama perjalanan gue dari palmerah ke cibinong, gue ngeliat tiga razia di tiga tempat yang berbeda , wow ! it’s made me almost lost control and swearing to them! hello who the hell are you??? but i can do nothing am i? irronic

ketiga, money can buy everything! i mean it, kalau lo tinggal di Jakarta, jangan harap lo bisa idup dengan duit pas-pasan,  karena di kota ini, semua fasilitas dan kenyamanan tersedia. tinggal seberapa banyak duit lo buat ngebeli kenyamanan yang lo pengen. jujur gue heran kalau banyak orang dari pedesaan yang rela datang ke Jakarta buat nyari kerjaan, karena tanpa gelar nd kenalan orang dalam, lo nggak mungkin bisa benerin tarif hidup lo -.-

well, mungkin itu segi negatif yang gue dapat di Jakarta, tapi banyak juga segi positif yang ada di jakarta

pertama, dijakarta, semua pekerjaan yang gue pengen ada disini. karena Jakarta memang tempat yang pas buat ngewujud-in mimpi yang selama ini gue pengen. kalau lo mau berkembang emang di jakarta tempatnya 🙂

hmmm, kayaknya segini dulu ah curhatan gue tentang jakarta

see ya

7 responses »

  1. Jakarta memang kejam. Aku pengen share jg disini ya neno..hehe..terutama soal kerjaan. Dulu pas aku baru2nya lulus, tujuan utama ku adalah jkt, krn spt yg km blg jkt adalah lahannya semua pekerjaan. Mulai yg bener sampai yg abal2 semua ada di jkt. Dan aku pnh ngalamin yg namanya ditipu sampai 3 kali soal kerjaan dan itu bikin stress, krn bayangin aja 3x kena tipu, hahaha, tpi ga buat aku nyerah malah tmbh semangat buat cari yg bagus. Kuncinya klo kita mau berusaha keras pasti pekerjaan yg kita inginkan pasti didapat. Sekian dri aku. Salam ^^

  2. dulu wkt lg cari kerja, tiga kali aku ditipu oleh yg namanya perusahaan saham berjangka. bayangin aja, diiklan posisi yg ditawarkan bermacam2 eh begitu wwncara malah lain. semua calon karyawan diarahkan menjadi pialang/broker ya otomatis dong drsitu aja perusahaan udh menipu. itu yg pertama. yg kedua, juga dgn model yg sama tpi perusahaan yg berbeda, motifnya sama menawarkan posisi beragam tpi ujung2nya diarahkan menjadi pialang/broker…bener2 deh…yg lebih konyolnya lagi ada karyawan yg diperusahaan pertama tempat aku wwncara malah kerja di perusahaan yg kedua. dua2nya sama bergerak dlm bidang saham berjangka….*tepokjidataku, ahahaha,…yg terakhir,…aku pnh ikut job fair, trs aku drop lamaran di salah satu perusahaan outsourcing, dan ternyata perusahaan itu abal2,…aku ditelp buat wwncara, di meruya…sampe sana lsg diwwncara,…eh begitu diakhir wwncara aku malah dimintain duit,..lumayan lagi sktr 300rb yg diminta,….what??? yg bener aja?!?….., aku malah dimintain DP lagi 50rb, edannn kataku dalam hati…aku lsg aja blg, “mba, saya ini mau cari kerja, masa belum apa2 udh dimintain duit yg ada harusnya calon perusahaan dong yg menggaji saya bukan saya yg kasi duit,…” udh gitu pake rada maksa lagi,..ealah,…ya udh tanpa pjg lebar aku cabut aja lsg,….hahaha,…drsitu aku belajar,…kita hrs selektif dlm mencari kerja, jg dgn kantor/perusahaan yg kita drop lamarannya klo ga hati dan teliti bisa2 kita dikerjain sama mereka,…jakarta memang keras tapi kita hrs lebih keras dr Ibukota kita ni dek, klo ga bisa habis kita. hehehe,..semoga mencerahkan ^^

  3. wew serem aja mas, >,< dulu aja ak mau ke jkt buat wawancara kerja ini busku trabrakan dlu, ak telat interview dua jem, mana sorenya lsg balik ke salatiga nd nggak mandi seharian :D,

  4. Wah, tabrakan? Trs gimana? Ganti kendaraan dong km? Jadi km mandinya disalatiga dong, wakakaka tpi itu pengalaman kan bisa menjadi kenangan dulu wktu masih cari kerja…kalau aku sih sebenernya masih pengen cari job yg lebih baik dr skg soalnya aku masih freelance..pengen cari yg tetap and I am still looking for it, it’s hard but I have to try harder to get it ^^

Leave a Reply

